Minggu, 14 April 2013

Reproduksi (Vegetatif Alamiah) Tumbuhan Tingkat Tinggi

Reproduksi vegetatif alamiah pada tumbuhan tingkat tinggi, misalnya dengan geragih (stolon), akar tinggal, umbi batang, umbi lapis, tunas adjektif, dan tunas pada kormus.
  • Geragih (stolon)
Geragih (stolon) adalah batang horizontal yang menjalar di atas permukaan tanah atau di dalam tanah/air. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih, misalnya pegagan atau arbei, rumput teki, dan eceng gondok (Eichornia crassiper).
  •  Rhizoma (akar tinggal)
Rhizoma adalah bagian batang yang tumbuh di dekat akar dan menjalar di dalam tanah.  Tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal, misalnya bunga kana, bunga iris, kunyit, lengkuas, dan temulawak.
  • Umbi batang
Umbi batang adalah bagian batang yang mengembung di dalam tanah dan berisi cadangan makanan. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang, misalnya kentang (Solanum tuberosum).
  • Umbi lapis
Umbi lapis merupakan batang pendek yang tumbuh di dalam tanah. Tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, tulip, bawang bombay, dan bakung. 

  •  Tunas adventif
Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh bukan pada ujung batang atau ketiak daun. Tunas adventif yang berasal dari daun disebut tunas daun. Tunas adventif dapat dibentuk pada akar, misalnya pada tumbuhan kersen, cemara, ubi jalar, dan kesemek. Tunas adventif juga dapat dibentuk pada ujung urat tengah daun, misalnya pada begonia.
  • Tunas pada kormus
Kormus adalah pangkal batang yang membesar dan tidak mempunyai sisik. Jadi, setiap kormus akan membentuk satu tunas baru atau beberapa tunas di dekat kormus lama. Tumbuhan yang berkembang biak dengan kormus, misalnya pisabg, bambu, dan gladiol.





Tinggalkan komentar.......... 

 

4 komentar:

Eka Sapri Alvyanto mengatakan...

artikelnya bagus, link blog ini sudah ada di http://alvyanto.blogspot.com/2009/03/tukeran-link-yuck.html happy blogging...

Unknown mengatakan...

terima kasih.....

Unknown mengatakan...

terimah kasih atas informasinya

Unknown mengatakan...

Gimana caranya menaruh foto di blog guys